13 PDF Article

Transdermal Drug Delivery, contohnya Hormone Replacement (testosterone, Pada formulasi bentuk sediaan obat juga diperlukan berbagai. PDF | Novel drug delivery via transdermal route offer several advantages over Formulasi dan Uji Penetrasi Sediaan Gel Transfersom yang. Kondroitin Sulfat (CS) dalam bentuk sediaan oral telah digunakan untuk diperlukan formulasi CS ke dalam bentuk sediaan lain seperti patch.

Author: Dokinos Samukora
Country: Saint Kitts and Nevis
Language: English (Spanish)
Genre: Relationship
Published (Last): 6 March 2008
Pages: 453
PDF File Size: 3.47 Mb
ePub File Size: 15.84 Mb
ISBN: 665-6-73487-197-6
Downloads: 56845
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kazirisar

seminar Tugas Akhir 1 by hani handayani on Prezi

Dewasa ini, terdapat dua tipe plester yaitu plester dengan sistem reservoir dan plester dengan sistem matriks drug in adhesive system.

Hewan yang baku digunakan adalah galur tertentu dari mencit, tikus, kelinci, marmot, hamster, anjing atau primata. Transdermal delivery of biologics using microneedles Documents. Absorbsi transdermal terjadi melalui proses difusi yang lambat yang14ditentukan oleh gradient konsentrasi obat dari konsentrasi tinggi pada sediaan yang diaplikasikan menuju konsntrasi rendah di kulit.

Penelitian toksisitas merupakan cara potensial untuk mengevaluasi: Toksisitas yang berhubungan dengan pemberian obat akut atau kronis.

Transdermal Delivery Technology

Pertumbuhan tumor onkogenisitas atau karsinogenisitas. Drug Reservoir atau lapisan yang mengandung obat zat aktif beserta dengan perlengkapannya seperti material pengatur kecepatan pelepasan obat, dsb. Jika suatu senyawa atau molekul aktif telah dibuktikan secara farmakologis, maka senyawa tersebut selanjutnya trahsdermal tahap pengembangan dalam bentuk molekul optimumnya.

American Society for Pharmacology and Experimental Theraputics. Transdermal delivery of tetrahydrocannabinol Documents.

Terkadang, ada pula lapisan tambahan yaitu rate-controlling membrane yang terbuat dari polypropylene berpori mikro dan yang berfungsi sebagai membrane pengatur jumlah dan kecepatan pelepasan obat dari sediaan menuju permukaan kulit. Selain itu, penelusuran literatur juga harus dilakukan untuk memberikan pengertian tentang mekanisme pelapukan yang mungkin terjadi dan kondisi-kondisi yang dapat meningkatkan peruraian obat. Pada tahap ini berbagai molekul atau senyawa yang berpotensi sebagai obat disintesis, dimodifikasi atau bahkan direkayasa untuk mendapatkan2senyawa atau molekul obat yang diinginkan.

  AMERICA B.C.BY BARRY FELL PDF

Transdermal Delivery Technology

Uji klinik terdiri dari 4 fase yaitu: Hal ini karena kulit rusak telah kehilangan sebagian lapisan pelindungnya.

Pada fase ini mulai dilakukan pengembangan dan uji stabilitas bentuk sediaan obat. Bahkan penetrasinya lebih banyak dari pada kulit normal.

Contoh obat yang diberikan secara transdermal adalah nitrogliserin digunakan untuk pengobatan angina. Contoh bentuk sediaan khusus ini antara lain: Input obat ke sirkulasi trsnsdermal terkontrol serta dapat menghindari lonjakan obat sistemik f.

Obat terdispersi dengan baik dalam eksipien cair yang inert dalam lapisan ini.

Kelompok umur dan kondisi fisik manusia yang dituju, dengan pertimbangan khusus untuk anak-anak, wanita hamil atau orang lanjut usia. Secara garis besar, penelitian dan pengembangan suatu obat dapat dibagi menjadi beberapa tahap sebagai berikut: Disamping itu, uji pada hewan percobaan ini juga dirancang dengan perhatian khusus pada kemungkinan pengujian obat itu lebih lanjut pada manusia atau uji klinis.

formulsai

Jangka penemuan obat baru sejak awal ditemukan suatu bahan kimia baru sampai menjadi obat baru yang diijinkan beredar memerlukan waktu 10 12 tahun dan biaya penelitian tidak kurang dari USD juta untuk tiap NCE.

Transdermal Delivery of Timolol Documents. Contoh dari bentuk sediaan transdermaal, antara lain: Secara sederhana, plester terdiri atas komponen komponen berikut dimulai dari lapisan paling luar: Obat dapat mempenetrasi kulit utuh melalui dinding folikel rambut, kelenjar minyak, atau kelenjar lemak.

Sediiaan pelindung yang akan dibuang ketika plester digunakan. Proses penemuan obat baru merupakan sebuah rangkaian langkah yang sangat panjang dan melibatkan berbagai disiplin ilmu.

  LEY 25886 PDF

Dapat pula melalui celah antar sel dari epidermis dan inilah cara yang paling dominan untuk penetrasi obat melalui kulit dibandingkan penetrasi melalui folikel rambut, kelenjar minyak, maaupn kelenjar lemak.

Lamanya pemberian obat itu menurut dugaan kepada manusia. Setelah calon obat dapat dibuktikan berkhasiat sekurang-kurangnya sama dengan obat yang sudah ada dan menunjukkan keamanan bagi si pemakai maka obat baru diizinkan untuk diproduksi oleh industri sebagai legal drug dan dipasarkan dengan nama dagang tertentu serta dapat diresepkan oleh dokter.

Sebenarnya, kulit yang rusak pun robek, iritasi, pecah pecah, dll dapat terpenetrasi oleh obat. Contoh dari bentuk sediaan ini antara lain: Macam bahan tambahan tersebut sangat tergantung dari macam bentuk sediaan yang akan dibuat.

Transdermal delivery of biologics using microneedles? Transdermal Delivery Technology Download Report. Di antara faktor faktor yang mempengaruhi absorbs perkutan antara lain: Temporally controlled transdermal system: Sebaliknya, pemberian secara topikal pada dosis yang sama menunjukkan tanda-tanda adanya glukosamin pada darah setelah 30 menit pemberian.

Hewanhewan ini sangat berjasa bagi pengembangan obat. Setelah hasil studi fase IV dievaluasi masih memungkinkan obat ditarik dari perdagangan jika membahayakan. Lapisan ini berguna untuk mencegah melekatnya lapisan perekat pada kemasan sebelum digunakan. Memiliki titik lebur yang relatif rendah. Studi pada manusia yang sakit pasien 5.

Yang pertama menggunakan liposom sintetik untuk membungkus senyawa obat dan menembus kulit dimana ia merupakan lapisan lipid lipid bilayer. Yang kedua menggunakan minyak nabati untuk membawa senyawa obat dan menembus kulit untuk memasuki sirkulasi darah.